• Assalamu'alaykum Wr. Wb.

    Ahlan wa sahlan di blog ane. Manusia memang dicipta dengan keterbatasan. Tak ada yang sempurna tanpa kesalahan. Pun dengan ingatan yang terbatas, tentu akan mudah sekali lupa. Karenanya diperlukan suatu pengingat. Seperti tag line blog ini, "lihat, dengar, dan gores dengan tulisan" Selamat membaca.. :)

  • Rekaman I'tikaf di Masjid Jogokariyan 1434H

    Alhamdulillah, tahun ini ane bisa i'tikaf di Masjid Jogokariyan. Masjid ini terletak di daerah Bantul, DIY. Suasana disana sangat friendly banget deh buat i'tikaf. Maklum memang kampung Jogokariyan ini telah menasbihkan diri menjadi kampung Ramadhan. Langsung download aja rekamannya ya. :)

  • Alergi, Sumpah Nyebelin Banget!!!

    Siapa sih yang gak tau tentang makanan disamping ini?? Pasti semua juga tau kalau itu udang. Udang itu makanan yang benar-benar enak deh, apalagi kalau makannya sambil ditemani sambel kecap itu, nyummiii.. :D Tapi sayang aku gak bisa leluasa menikmatinya, yah seperti judulnya aku alergi ama yang namanya udang. T.T

  • Muhammad Al Fatih

    Beliau bersabda "Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan." [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335].

  • Mengenal EPCC : Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning

    “Liburan semester 6 ini saya manfaatkan untuk kerja praktek (KP), atau ada yang bilang PKL -sampai sekarang saya masih belum tau kepanjangannya apa-. Tempat KP saya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Comissioning) bernama PT Rekayasa Industri atau lebih sering disingkat menjadi Rekind. Perusahaan ini merupakan BUMN multi nasional yang berdiri sejak tahun 1981. Untuk mengetahui apa itu EPCC sendiri bisa diartikan...

Dalam Dekapan Ukhuwah

Dalam dekapan ukhuwah, kita mengambil cinta dari langit. Lalu menebarkannya di bumi. Sungguh di surga, menara-menara cahaya menjulang untuk hati yang saling mencinta. ~Salim A. Fillah~

Mimpi Langit

Pengakuan eksistensi manusia hanya sebatas buih di lautan saja. Karena setelah matahari tenggelam, pasti terabaikan oleh cerita lainnya. Jadi letakkan keikhlasan dalam jiwa. ~Irfan Yahya I~

Percaya Nggak?

Kadar ketampanan itu tergantung ilmu dan kelakuan. Kadar kecantikan itu tergantung hafalan Al-Qur'an dan sikap keibuan. ~Felix Siauw~

Friday, February 3, 2012

Dua Faktor Paling Penting untuk Menjadi Dewasa

Posted by Irfan Yahya On 1:04 AM No comments

Percaya atau enggak kedewasaan seseorang itu tidak semata-mata bergantung dengan umur. Kerap kita temui orang yang lebih muda dari kita, namun lebih memiliki sifat dewasa. Jujur ane sendiri masih jauh, jauh banget. Apa yang membuat mereka lebih dewasa dari kita? Pendidikan kah? banyak kok orang yang sudah sudah kuliah tapi kelakuannya masih kaya anak-anak, masih suka ngambek kalo uang bulanannya kurang, masih suka mentingin ngegame daripada belajar. Kekayaan kah? Banyak juga orang kaya yang justru malah gak jelas, suka ngambur-ngamburin uang buat beli mainan. Yah kaya teman ane nih, dah semester 4 tapi masih mainan GUNDAM. Buat Mr.A jangan marah ya. Ane tau kok itu cuma hobi. Hhhehe.

Lalu apa yang bisa membuat kita lebih dewasa? Menurut saya ada dua modal utama, pertama adalah pribadi loe sendiri. Hadewh agak gmn pake bahasa 'loe gue'. Setua-tuanya anda, tapi kalo g niat dan g berusaha menjadi dewasa ya g bakalan kesampaian. Masih sering ngeluh, masih sering putus asa, masih sering ngegantungin diri di pohon talas ya kamu g bakalan mati. Lhoh?? Masih sering ngegantungin diri ama orang lain maksudnya. Hidup itu susah kawan, tapi hanya dengan menaklukkannyalah kita bisa belajar dan dewasa.

Lalu faktor kedua menurut saya adalah lingkungan. harap dicatat ini g berhubungan ama Semarang yang sering banjir, wilayah UNDIP yang pohonnya gersang atau bahkan efek radiasi fukushima. Sekali lagi ini adalah tentang lingkungan bergaul Anda. Bayangin aja Nabi pun sampai bilang,

“Permisalan teman duduk yang baik dan teman duduk yang buruk seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. (Duduk dengan) penjual minyak wangi bisa jadi ia akan memberimu minyak wanginya, bisa jadi engkau membeli darinya dan bisa jadi engkau akan dapati darinya aroma yang wangi. Sementara (duduk dengan) pandai besi, bisa jadi ia akan membakar pakaianmu dan bisa jadi engkau dapati darinya bau yang tak sedap.”
(HR. Bukhari dan Muslim)

Tuh jelas banget kan. Makanya kita musti pilih teman untuk bergaul. Jangan percaya ama guru TK ama SD kita dulu kalo kita gak boleh membeda-bedakan teman. Beruntungnya nih, ane berada diantara orang-orang hebat, yang insyaallah selalu menginspirasi dan saya kagumi. Merekalah yang mengajarkan saya tentang harus bagaimana bersikap. Merekalah yang mengajari saya harus melangkah. Sungguh, semoga kekaguman ini tak berlalu begitu saja.

0 comments :

Post a Comment