• Assalamu'alaykum Wr. Wb.

    Ahlan wa sahlan di blog ane. Manusia memang dicipta dengan keterbatasan. Tak ada yang sempurna tanpa kesalahan. Pun dengan ingatan yang terbatas, tentu akan mudah sekali lupa. Karenanya diperlukan suatu pengingat. Seperti tag line blog ini, "lihat, dengar, dan gores dengan tulisan" Selamat membaca.. :)

  • Rekaman I'tikaf di Masjid Jogokariyan 1434H

    Alhamdulillah, tahun ini ane bisa i'tikaf di Masjid Jogokariyan. Masjid ini terletak di daerah Bantul, DIY. Suasana disana sangat friendly banget deh buat i'tikaf. Maklum memang kampung Jogokariyan ini telah menasbihkan diri menjadi kampung Ramadhan. Langsung download aja rekamannya ya. :)

  • Alergi, Sumpah Nyebelin Banget!!!

    Siapa sih yang gak tau tentang makanan disamping ini?? Pasti semua juga tau kalau itu udang. Udang itu makanan yang benar-benar enak deh, apalagi kalau makannya sambil ditemani sambel kecap itu, nyummiii.. :D Tapi sayang aku gak bisa leluasa menikmatinya, yah seperti judulnya aku alergi ama yang namanya udang. T.T

  • Muhammad Al Fatih

    Beliau bersabda "Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan." [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335].

  • Mengenal EPCC : Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning

    “Liburan semester 6 ini saya manfaatkan untuk kerja praktek (KP), atau ada yang bilang PKL -sampai sekarang saya masih belum tau kepanjangannya apa-. Tempat KP saya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Comissioning) bernama PT Rekayasa Industri atau lebih sering disingkat menjadi Rekind. Perusahaan ini merupakan BUMN multi nasional yang berdiri sejak tahun 1981. Untuk mengetahui apa itu EPCC sendiri bisa diartikan...

Dalam Dekapan Ukhuwah

Dalam dekapan ukhuwah, kita mengambil cinta dari langit. Lalu menebarkannya di bumi. Sungguh di surga, menara-menara cahaya menjulang untuk hati yang saling mencinta. ~Salim A. Fillah~

Mimpi Langit

Pengakuan eksistensi manusia hanya sebatas buih di lautan saja. Karena setelah matahari tenggelam, pasti terabaikan oleh cerita lainnya. Jadi letakkan keikhlasan dalam jiwa. ~Irfan Yahya I~

Percaya Nggak?

Kadar ketampanan itu tergantung ilmu dan kelakuan. Kadar kecantikan itu tergantung hafalan Al-Qur'an dan sikap keibuan. ~Felix Siauw~

Wednesday, February 1, 2012

Tumpukan Sampah di Samudera Pasifik

Posted by Irfan Yahya On 10:37 PM No comments


Lautan Sampah. Istilah lautan sampah disini bukanlah hanya sekedar istilah, tapi ini adalah istilah yang benar-benar ada. Lautan sampah ini menunjuk kapada sebuah zona yang terletak di tengah-tengah samudera Pasifik Utara. Sebuah zona raksasa yang kalau dilihat dari atas pesawat terbang seperti suatu daerah yang luasnya hampir sama dengan luas daratan Amerika Serikat.


The Great Pasific Garbage Patch, begitulah kawasan ini dikenal. Keberadaannya sudah diperkirakan dari tahun 1988 pada sebuah makalah terbitan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) di Amerika Serikat. Prediksi ini didasari oleh beberapa hasil temuan peneliti Alaska antara tahun 1985-1988 yang mendeteksi sebuah kumpulan plastik yang mengambang di Samudera Pasifik Utara. Belum ada masyarakat yang mnyadarinya sampai akhirnya Charles Moore, seorang pelayar yang juga oseanografer menemukan zona ini pada tahun 1997, saat ia sedang berlayar pulang setelah mengikuti lomba layar Los Angeles-Hawaii. Ia dan kru kapal terkejut mendapati banyak timbunan sampah dari ransel, sikat gigi dan banyak botol plastik di sebuah zona di Samudera Pasifik Utara. “mereka terapung-apung sedikit di bawah permukaan sehingga tidak terdeteksi oleh kamera udara maupun citra satelit. Anda hanya bisa melihatnya dari lambung kapal”, ungkap Moore. Sepulangnya dari situ , Moore langsung menulis artikel tentang keberadaan laut sampah ini serta bagaimana efek polusi laut bagi kehidupan makhluk hidup di laut.

Dari mana asalnya sampah-sampah ini? Sebuah sumber mengestimasi bahwa 80% sampah datang dari daratan dan 20% dari kapal. Moore sendiri menghitung sudah sekitar 100 juta ton sampah disana. Plastik diyakini menyumbang 90% dari susunan zona ini. Potongan plastik dsni trmasuk bahan mentah atau limbah industri yg hanyut hingga ke laut.



Apa efeknya bagi makhluk hidup? Sudah tentu, makhluk hidup seperti burung dan binatang laut lain lah yang paling dirugikan. Seperti yang terjadi pada burung albatross, pada suatu kasus ditemukan 1 pematik, 1 sikat gigi, 1 mainan robot dan 1 pembalut di dalam tubuh burung itu. Selain burung laut, ada juga binatang seperti ikan, kura-kura, anjing dan singa laut, hingga paus yg menjadi korban dari keganasan lautan sampah ini.


Masih brpikir untuk buang sampah ke laut???

0 comments :

Post a Comment