• Assalamu'alaykum Wr. Wb.

    Ahlan wa sahlan di blog ane. Manusia memang dicipta dengan keterbatasan. Tak ada yang sempurna tanpa kesalahan. Pun dengan ingatan yang terbatas, tentu akan mudah sekali lupa. Karenanya diperlukan suatu pengingat. Seperti tag line blog ini, "lihat, dengar, dan gores dengan tulisan" Selamat membaca.. :)

  • Rekaman I'tikaf di Masjid Jogokariyan 1434H

    Alhamdulillah, tahun ini ane bisa i'tikaf di Masjid Jogokariyan. Masjid ini terletak di daerah Bantul, DIY. Suasana disana sangat friendly banget deh buat i'tikaf. Maklum memang kampung Jogokariyan ini telah menasbihkan diri menjadi kampung Ramadhan. Langsung download aja rekamannya ya. :)

  • Alergi, Sumpah Nyebelin Banget!!!

    Siapa sih yang gak tau tentang makanan disamping ini?? Pasti semua juga tau kalau itu udang. Udang itu makanan yang benar-benar enak deh, apalagi kalau makannya sambil ditemani sambel kecap itu, nyummiii.. :D Tapi sayang aku gak bisa leluasa menikmatinya, yah seperti judulnya aku alergi ama yang namanya udang. T.T

  • Muhammad Al Fatih

    Beliau bersabda "Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan." [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335].

  • Mengenal EPCC : Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning

    “Liburan semester 6 ini saya manfaatkan untuk kerja praktek (KP), atau ada yang bilang PKL -sampai sekarang saya masih belum tau kepanjangannya apa-. Tempat KP saya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Comissioning) bernama PT Rekayasa Industri atau lebih sering disingkat menjadi Rekind. Perusahaan ini merupakan BUMN multi nasional yang berdiri sejak tahun 1981. Untuk mengetahui apa itu EPCC sendiri bisa diartikan...

Dalam Dekapan Ukhuwah

Dalam dekapan ukhuwah, kita mengambil cinta dari langit. Lalu menebarkannya di bumi. Sungguh di surga, menara-menara cahaya menjulang untuk hati yang saling mencinta. ~Salim A. Fillah~

Mimpi Langit

Pengakuan eksistensi manusia hanya sebatas buih di lautan saja. Karena setelah matahari tenggelam, pasti terabaikan oleh cerita lainnya. Jadi letakkan keikhlasan dalam jiwa. ~Irfan Yahya I~

Percaya Nggak?

Kadar ketampanan itu tergantung ilmu dan kelakuan. Kadar kecantikan itu tergantung hafalan Al-Qur'an dan sikap keibuan. ~Felix Siauw~

Wednesday, February 1, 2012

Terlahir Sebagai Pengusaha atau Terlatih Sebagai Pengusaha?

Posted by Irfan Yahya On 10:35 PM No comments

Apakah menjadi seorang pengusaha disebabkan oleh sesuatu yang ada dalam DNA Anda, atau hal itu dapat dilatih? Sebuah penelitian baru dari Babson College menemukan bukti "luar biasa", yaitu bahwa jika mahasiswa Fakultas Bisnis mengambil setidaknya dua mata kuliah kewiraswastaan, itu dapat secara positif mempengaruhi mereka untuk memulai sebuah bisnis.
Profesor di perguruan tinggi Wellesley, yang berada di Massachusetts, menganalisis sebuah survei dari 3.755 alumni, dan ia menemukan bahwa dua mata kuliah kewiraswastaan (atau lebih baik lagi tiga sesi) sangat mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk membangun sebuah start-up. Selain itu, ia juga melihat bahwa menulis business-plan dapat memberikan pengaruh ke arah itu, meskipun tidak terlalu signifikan.
"Kini sudah saatnya membuang pertanyaan skeptis, 'Apa perlu belajar kewiraswastaan?' karena sekarang kita memiliki bukti empiris yang membuat perbedaan cara pandang. Kami rasa, kewiraswastaan yang harus diajarkan tidak hanya untuk produksi dan pelatihan pengusaha, tetapi juga untuk membantu para mahasiswa memutuskan apakah mereka memiliki 'modal' yang tepat untuk menjadi pengusaha, sebelum mereka memulai karir yang mungkin tidak cocok bagi mereka," tulis sang Profesor, dalam penelitiannya yang diberi judul "Does An Entrepreneurship Education Have Lasting Value? A Study of Careers of 3,775 Alumni".
Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada pengaruh apakah si mahasiswa memiliki orang tua seorang pengusaha atau tidak. Juga ditemukan bahwa pria lebih mungkin untuk menjadi pengusaha daripada wanita. Ia juga menemukan sebuah pola, yaitu semakin tinggi pendapatan, semakin kecil kemungkinan para alumni berniat untuk menjadi pengusaha. Di sisi lain juga ditemukan bahwa semakin besar ketidakpuasan mereka terhadap pekerjaan, semakin besar kemungkinan bahwa alumni memiliki niat untuk menjadi pengusaha.
"Pada tingkat yang lebih abstrak, kami percaya bahwa kewiraswastaan harus diajarkan untuk setiap mahasiswa Fakultas Bisnis, karena pada hakikatnya kewiraswastaan adalah asal-usul semua bisnis," tulis sang Profesor. "Tidak akan ada sekolah bisnis, jika tidak pernah ada pengusaha!" lanjutnya.
Sebuah studi pada tahun 2002 di Harvard Business School juga menunjukkan bahwa jika Anda dapat meyakinkan mahasiswa bahwa mereka memiliki modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, mereka akan terjun berwiraswasta.
Profesor Harvard, Howard H. Stevenson, menjelaskan, "Jika Anda menganggap bahwa sebagian besar siswa kami adalah pengambil kesempatan, berorientasi pada prestasi, cerdas, dan pekerja keras (buktinya mereka telah diterima di sini), maka tindakan yang kami lakukan hanyalah memberi mereka 'alat' dan teknik untuk meningkatkan peluang keberhasilan mereka."
Jadi, bagaimana menurut Anda, apakah kemampuan untuk menjadi pengusaha itu bisa dilatih?
Courtney Rubin, http://www.inc.com/news/articles/201107/study-says-entrepreneurship-can-be-taught.html

0 comments :

Post a Comment